18 C
Sukabumi
Senin, Juli 15, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Sudah direstui keluarga, Sule pastikan Mahalini mualaf sebelum dinikahi Rizky Febian

sukabumiheadline.com - Kepastian siapa yang berpindah keyakinan...

Mengenal Adilla, Hafidzah 30 Juz dari Ponpes Al Qur’an Al Hidayah Ciambar Sukabumi

KhazanahMengenal Adilla, Hafidzah 30 Juz dari Ponpes Al Qur'an Al Hidayah Ciambar Sukabumi

SUKABUMIHEADLINE.com l CIAMBAR – Semakin banyak berdiri pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tentunya menjadi kebanggaan bagi umat Muslim di kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali ini.

Selain itu, kehadiran ponpes dengan berbagai fokus keilmuan yang dipelajari para santrinya, sekaligus kabar gembira karena kehadirannya diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap lingkungan dan daerah.

Karenanya, tidak mengherankan jika kemudian semakin banyak para orang tua di Sukabumi yang memilih ponpes sebagai prioritas utama dalam memilihkan tempat menuntut ilmu bagi putra putrinya.

Salah satu ponpes pilihan orang tua di Sukabumi, adalah Al Qur’an Al Hidayah di Desa Cibunarjaya, Kecamatan Ciambar yang dikhususkan untuk santri putri.

Ponpes yang mengkhususkan diri bagi para santri putri calon penghafal AlQuran atau disebut hafidzah ini berlokasi di Villa Qur’an Al Hidayah, Kampung Lembur Jami RT 002/08, Desa Ciburnajaya, Kecamatan Ciambar.

Untuk informasi, penghafal AlQuran laki-laki disebut hafidz sedangan wanita hafidzah. Hafidz atau hafidzah adalah sebutan bagi umat Muslim yang mempelajari, membaca atau menghafal AlQuran. Mereka adalah orang-orang pilihan yang memang dipilih oleh Allah SWT dan memiliki akhlak yang baik.

Adilla Putri Sukmawati

Gadis manis ini merupakan santriwati Ponpes Al Qur’an Al Hidayah yang saat ini tengah mengikuti Tasmi Akbar 30 Juz.

“Adilla alhamdulillah bisa menyelesaikan hafalannya 30 juz mutqin. Mutqin itu asal katanya itqon yang merupakan kualitas tertinggi. Jadi mutqin berarti hafalannya berkualitas terbaik. Alias lengket,” jelas pimpinan Ponpes Al Qur’an Al Hidayah Ciambar, Ustadz Budhy Kurniawan kepada sukabumiheadline.com, Senin (24/10/2022).

Ia menambahkan, Adilla telah melewati berbagai ujian kekuatan hafalan yang dilakukan secara bertahap, mulai dari 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz dan 30 juz.

“Maka Adilla sampai pada ujian publik yaitu membacakan hafalannya sekaligus 30 juz yg dibagi dalam tiga hari. Senin, Selasa dan diakhiri berupa khataman, doa, serta pemberian sertifikat hafalan 30 juz,” imbuh pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat itu.

Adilla sendiri saat ini, tambah Budhy, tengah mengikuti Program Sanad di Jakarta. “Di kami, santri yang ikut Program Sanad dikirim ke Jakarta. Jadi Adilla sekarang posisinya sedang di Jakarta,” ungkapnya.

Ponpes Al Qur’an Al Hidayah 

Santriwati Ponpes Al Qur’an Al Hidayah Ciambar, Sukabumi. l Istimewa

Diketahui, Ponpes Al Qur’an Al Hidayah Ciambar khusus putri, dan merupakan cabang dari Pesantren Al Qur’an Al Hidayah Jakarta dan bernaung di bawah Yayasan Hidayatul Islam.

Lebih jauh, Ustadz Budhy Kurniawan, ponpes yang dipimpinnya itu masih terbilang belia.

“Karena di Sukabumi masih baru, jadi santriwati kami yang di Jakarta di-rolling ke Sukabumi untuk starting awalnya. Awalnya kami hanya 10 santri yang tetap mondok di Sukabumi,” kata pria yang juga menjabat Ketua Yayasan Hidayatul Islam itu.

Namun, meskipun terbilang belia, santriwati yang mondok di Ponpes Al Qur’an Al Hidayah Ciambar kini naik lebih dari 100 persen.

Alhamdulillah saat ini kami sudah memiliki 24 santriwati yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Sementara, Adilla sendiri merupakan santriwati asal Lampung,” jelasnya.

“Sementara yang lainnya di-rolling sesuai kebutuhan dan untuk mencegah kejenuhan yang di Jakarta,” pungkas doktor ilmu fisika lulusan Department of Physics, Tokyo Institute of Technology, Japan itu.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer