30.9 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Usaha haram jual 15 ribu butir obat saat Ramadhan, pemuda Tipar Sukabumi Lebaran di tahanan

sukabumiheadline.com - Seorang pemuda diamankan polisi karena...

Mencari Tahu Seputar Wacana Sukabumi Memisahkan Diri dari Jawa Barat

SUKABUMIHEADLINE.com l Jawa Barat merupakan salah satu...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Termasuk Sukabumi Utara, Jawa Barat bakal punya 9 kabupaten baru

NasionalTermasuk Sukabumi Utara, Jawa Barat bakal punya 9 kabupaten baru

sukabumiheadline.com – Jawa Barat akan segera punya 9 Kabupaten baru yang merupakan usulan pemekaran wilayah yang sudah disampaikan kepada DPRD Jabar.

Salah satu Kabupaten baru di Jawa Barat ternyata sudah mendapat persetujuan dari DPRD ialah Kabupaten Sukabumi Utara.

Disampaikan Gubernur Jabar periode 2018-2023, Ridwan Kamil, penambahan Kabupaten baru di Jawa Barat ini merupakan aspirasi dari masyarakat. Terlebih lagi usulan penambahan Kabupaten baru di Jawa Barat ini sebagai bentuk pemerataan pembangunan.

Hingga tahun ini Pemprov Jabar telah mengusulkan 9 Calon Persiapan Daerah Otonomi Baru (CPDOB) ke Pemerintah Pusat, salah satunya adalah Kabupaten Sukabumi Utara.

Kabupaten Sukabumi Utara kini bukan lagi wacana. Pasalnya, Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) hasil pemekaran dari Kabupaten Sukabumi itu tinggal ketok palu.

Seperti diketahui, Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas kedua di Pulau Jawa dan Bali, dan terluas Provinsi Jawa Barat. Adapun, luas Kabupaten Sukabumi mencapai 4.145 kilometer persegi, dan ada 47 kecamatan serta 386 desa dan kelurahan. Baca lengkap: Membanding Jumlah Penduduk dan Luas Wilayah Sukabumi dan Sukabumi Utara

Selain Kabupaten Sukabumi Utara, 8 calon kabupaten lainnya, adalah Cianjur Selatan, Garut Utara, Garut Selatan, Tasikmalaya Selatan, Bogor Barat, Bogor Timur, Indramayu Barat, dan Kabupaten Subang Utara.

“Mudah-mudahan di Pemerintah Pusat apakah masih di era Presiden Jokowi ataupun nanti di era pemerintahan yang baru keadilan pemekaran wilayah yang sekarang masih dalam moratorium bisa dicabut dan kita bisa merasakan kesejahteraan (masyarakat) Jawa Barat yang meningkat,” kata Ridwan Kamil.

Sementara untuk pemekaran wilayah Kabupaten Bandung Timur, sampai saat ini belum masuk ke dalam daftar usulan terbaru. Demikian informasi 9 Kabupaten baru di Jawa Barat.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer