25.1 C
Sukabumi
Sabtu, Mei 25, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Jadwal, Rute dan Tarif DAMRI Sagaranten, Tegalbuleud, Surade dan Palabuhanratu

sukabumiheadline.com l DAMRI terus memperkuat konektivitas dengan...

Tinggal di Sumatera Utara, Warga Satu Kampung Ini Malah Fasih Ngobrol Bahasa Sunda

KontenTinggal di Sumatera Utara, Warga Satu Kampung Ini Malah Fasih Ngobrol Bahasa Sunda

sukabumiheadline.com l Di wilayah Jawa Barat, penggunaan Bahasa Sunda sangat lazim, mengingat Tatar Pasundan merupakan pusat utama etnis Sunda.

Namun, siapa sangka ternyata ada juga beberapa kampung di luar Jawa Barat yang warganya fasih berbahasa Sunda. Salah satunya adalah kampung unik di Provinsi Sumatera Utara.

Uniknya, warga di Kampung ini tidak lancar bahasa Batak tetapi malah fasih menggunakan bahasa Sunda. Karenanya, kampung unik ini populer dijuluki sebagai Kampung Sunda.

Warga Kampung Sunda yang berada di salah satu kabupaten di Sumatera Utara ini, hingga kini masih mempertahankan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari.

Warga menggunakan Bahasa Sunda untuk berkomunikasi, baik di rumah, lingkungan, maupun dalam kegiatan sosial dan budaya.

Karenanya, sekolah di Kampung Sunda ini juga mengajarkan bahasa Sunda kepada anak-anak setempat.

Keunikan warga Kampung Sunda ini menjadi daya tarik bagi sejumlah konten kreator dan wisatawan yang ingin mengetahui lebih jauh tentang keberagaman budaya di Indonesia.

Dilansir kanal YouTube DAAI TV, Kampung ini terletak di Desa Pematang Johar, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

Meskipun berada jauh dari Tatar Pasundan, warga kampung ini tetap mempertahankan budaya dan tradisi Sunda. Mereka menjaga keaslian budaya dan tradisi Sunda melalui berbagai kegiatan seperti tarian, musik, dan seni rupa.

Mereka juga melestarikan adat istiadat dan upacara tradisional Sunda, seperti pernikahan adat, khitanan, dan acara-acara keagamaan.

Selain itu, masyarakat Kampung Sunda juga menjaga keberlangsungan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari dengan mengajarkan bahasa Sunda kepada generasi muda melalui pendidikan formal dan non-formal, serta melalui kegiatan budaya dan seni.

Kampung Sunda di Percut Sei Tuan juga dikenal dengan keindahan alamnya. Terletak di daerah yang strategis, kampung ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan, udara yang sejuk, dan kehidupan yang tenang.

Hal ini membuat kampung ini menjadi tujuan wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam dan budaya Sunda.

Dengan demikian, Kampung Sunda di Percut Sei Tuan tetap menjadi tempat yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu sudut kota Kecamatan Percut Sei Tuan. l Wikipedia

Sejarah Percut Sei Tuan

Percut Sei Tuan merupakan kota kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Di masa penjajahan Pemerintahan Belanda pada sekira abad 19, wilayah Percut Sei Tuan terdiri dari dua kerajaan kecil, yaitu Kejuruan Percut dan Kejuruan Sei Tuan.Kedua kerajaan tersebut yang merupakan protektorat Kesultanan Deli hingga awal Proklamasi Negara Kesatuan Republik Indonesia.Wilayah Percut Sei Tuan merupakan Pusat Pemerintahan dan Pusat Tanaman tembakau di Deli Serdang, sekaligus yang terbesar dengan julukan “Dollar Land”.Di masa Pemerintahan Republik Indonesia Kejuruan Percut dan Kejuruan Sei Tuan digabung menjadi satu wilayah kecamatan, Percut Sei Tuan.

Kecamatan Percut Sei Tuan memiliki 20 desa dengan total luas wilayah 17.079 km2, terletak tepat di sebelah timur Kota Medan.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer