27.6 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

70% Mahasiswa Non-Muslim, Ini Profil Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Papua

Khazanah70% Mahasiswa Non-Muslim, Ini Profil Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong Papua

sukabumiheadline.com l Sebanyak 70 persen mahasiswa Universitas Pendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong non-muslim, Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Haedar Nashir sebut ini bentuk kampus Krismuha (Kristen-Muhammadiyah).

Komposisi mahasiswa di Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) di Unimuda Sorong yang didominasi oleh non-muslim, kata Haedar, menunjukkan bahwa Muhammadiyah media yang cair untuk toleransi, adaptasi, dan akulturasi dalam Bhineka Tunggal Ika.

“Dan 70 persen mahasiswanya saudara-saudara kami, yang secara agama Kristen dan Katolik, penduduk asli Papua. Dan ini bentuk dari kampus Krismuha,” ungkap Haedar pada (24/11/2023) dalam Peresmian RS PKU Muhammadiyah UNIMUDA Sorong, dilansir dari laman resmi PP Muhammadiyah.

“UNIMUDA (Sorong) termasuk yang mempelopori sepuluh mahasiswa Papua Nugini untuk mendapat beasiswa di UNIMUDA jadi menjalankan  apa yang menjadi semangat Bapak Presiden (Joko Widodo),” imbuh Haedar.

Haedar berharap jumlah mahasiswa dari luar negeri yang menempuh pendidikan di kampus Muhammadiyah terus bertambah. Keberadaan mereka adalah bagian semangat Muhammadiyah mendukung program-program bagus yang dimiliki oleh pemerintah.

“Ini adalah wujud dari Muhammadiyah Berkemajuan. Tetapi kami tidak bisa tanpa Pemerintah, tanpa seluruh komponen bangsa, dan seluruh masyarakat, termasuk yang berada di bumi Papua ini,” tutur Haedar.

Pada kesempatan ini Haedar juga meminta dukungan kepada semua pihak, supaya Muhammadiyah bisa semakin dan terus bergerak memberikan manfaat bagi umat, bangsa, dan kemanusiaan universal tanpa terkecuali.

Kampus Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. l Istimewa

Profil dan Sejarah Pendirian UNIMUDA Sorong

Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong (UNIMUDA Sorong) adalah lembaga pendidikan tinggi di bawah persyarikatan Muhammadiyah yang didirikan pada 5 Mei 2018 melalui SK Menristekdikti Nomor 547/KPT/I/2018 sebagai perubahan bentuk dari STKIP Muhammadiyah Sorong.Awalnya, UNIMUDA Sorong merupakan sebuah Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Sorong yang berdiri pada tanggal 19 Agustus 2004 SK Mendiknas RI Nomor 127/D/O/2004.Pada 20 tahun silam, tepatnya setelah pada tahun 2003, terbitlah SK PP Muhammadiyah nomor 78/KEP/I.0/D/2003 tanggal 20 September 2003, tentang pengangkatan Ketua STKIP Muhammadiyah Sorong pertama adalah Rustamadji, sebelumnya telah mengundurkan diri sebagai Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sorong.Pada saat bersamaan terbit SK Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah tentang pengangkatan Pengurus Badan Pelaksana Harian (BPH) STKIP Muhammadiyah Sorong yang diketuai oleh Suwarto Abbas.

Namun berhubung Suwarto Abbas telah pindah tugas, maka pada 2004 Majelis Diktilitbang mengangkat kembali Pengurus BPH Pengganti Antar Waktu yang diketuai oleh Nursono Sidiq.

Tahun 2004, saat kunjungan team PP Muhammadiyah yakni H. Zamroni, dkk ke Kabupaten Sorong membawa kabar baik bahwa Mendiknas RI Malik Fadjar telah menyetujui pendirian STKIP Muhammadiyah Sorong dan dapat segera menerima mahasiswa baru.Selanjutnya, pada 19 Agustus 2004 terbitlah SK MENDIKNAS RI nomor 127/D/O/2004 tentang Pemberian Izin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan STKIP Muhammadiyah Sorong.Adapun izin penyelenggaraan Program Studi meliputi:

  1. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia jenjang program sarjana
  2. Pendidikan Bahasa Inggris jenjang program sarjana
  3. Pendidikan Biologi jenjang program sarjana

Fakultas dan Program Studi

Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong menjadi Perguruan Tinggi Swasta dengan jumlah program studi terbanyak di kawasan Indonesia Timur. Berikut adalah Program Studi dan Fakultas yang dimiliki oleh UNIMUDA Sorong.

Fakultas Keguruan Ilmu dan Pendidikan

  1. Pendidikan Biologi
  2. Pendidikan Bahasa Inggris
  3. Pendidikan Bahasa Indonesia
  4. Pendidikan Matematika
  5. Pendidikan Kewarganagaraan
  6. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  7. Pendidikan Jasmani
  8. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  9. Pendidikan Teknologi Informasi
  10. Pendidikan Guru PAUD

Fakultas Sains dan Teknologi

  1. Akuakultur
  2. Peternakan
  3. Teknik Kimia
  4. Teknik Sipil
  5. Farmasi
  6. Agribisnis

Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum

  1. Hukum
  2. Ilmu Pemerintahan
  3. Akuntansi
  4. Hubungan Internasional
  5. Psikologi
  6. Manajemen
  7. Ilmu Komunikasi
  8. Bisnis Digital

Fakultas Agama Islam

  1. Pendidikan Agama Islam.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer