21.4 C
Sukabumi
Sabtu, April 13, 2024

Blueberry, sniper cantik Rusia pembantai tentara Ukraina

sukabumiheadline.com - Sosok Blueberry sangat misterius. Namun,...

Soal tangan buruh wanita asal Bojonggenteng Sukabumi putus, Latas: Disnaker harus proaktif

sukabumiheadline.com - Paskakecelakaan kerja yang terjadi di...

Bukan lagi Waskita Karya, SMI kini pemilik mayoritas saham Jalan Tol Bocimi

EkonomiBukan lagi Waskita Karya, SMI kini pemilik mayoritas saham Jalan Tol Bocimi

sukabumiheadline.com – Salah satu perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI akan menambah kepemilikan sahamnya di Tol Ciawi-Sukabumi atau Cisuka. Baca lengkap: Jalan Tol Bocimi ubah komposisi kepemilikan, bagaimana nasib Seksi 3?

Mulai tahun 2024 kepemilikan saham oleh SMI di ruas yang populer dengan sebutan Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) tersebut hingga 55 persen. Baca lengkap: Profil SMI, perusahaan ini garap Tol Bocimi Seksi 3 dan 4, Cibadak-Sukabumi Timur

“Rencananya nanti sampai 55 persen,” ucap Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad, Rabu (27/3/2024).

Berita Terkait: Menteri PUPR klaim mudik Lebaran 2024 Jalan Tol Bocimi Seksi 3 beroperasi, tapi faktanya?

Adapun pada awal Januari 2024, SMI telah mengawali kepemilikan sahamnya di Tol Bocimi dengan mengakuisisi saham PT Waskita Toll Road (WTR), anak perusahaan BUMN PT Waskita Karya, di PT Trans Jabar Tol (TJT) selaku pemilik konsesi Tol Bocimi sebesar 25 persen.

Berita Terkait: Garap Tol Bocimi Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat, Hutama Karya Disuntik Sri Mulyani Rp28,8 Triliun

Sementara, Direktur Pembiayaan & Investasi Sylvi J. Gani menjelaskan bahwa nilai akuisisi 25 persen saham Waskita tersebut adalah sebesar Rp755 miliar.

“Resminya awal Januari ini ya kita masuk ke Trans Jabar Tol atau Bocimi untuk 25 persen, itu nilainya sebesar Rp755 miliar,” tegasnya.

Berita Terkait: Sertifikat Tanah Warga Sukabumi “Tersandera” Jalan Tol Bocimi Seksi 2

Sejalan dengan itu, SMI juga akan menerbitkan saham baru untuk menyelesaikan pembangunan Tol Bocimi Seksi 3, ruas Cibadak – Sukabumi Barat.

Adapun, penerbitan saham baru dan penambahan kepemilikan saham tersebut akan dilakukan bertahap seiring dengan selesainya konstruksi Tol Bocimi hingga tahun 2026.

Untuk informasi, nomenklatur untuk Jalan Tol Ciawi-Sukabumi, adalah Cisuka. Bogor tidak termasuk dalam proyek strategis ini karena lebih dulu selesai dibangun. Baca lengkap: Kena Prank se-Indonesia, Salah Kaprah Jalan Tol Bocimi Warga Sukabumi Wajib Tahu Sejarahnya

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer