21.8 C
Sukabumi
Selasa, Juni 18, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Mahasiswa Komunikasi SV IPB Luaskan Pasar Sari Pala Bonty Produksi UMKM Sukabumi via Instagram

EkonomiMahasiswa Komunikasi SV IPB Luaskan Pasar Sari Pala Bonty Produksi UMKM Sukabumi via Instagram

sukabumiheadline.com – Banyak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Sukabumi yang masih berkutat dengan persoalan klasik yang membelitnya, dari mulai modal, proses produksi, perizinan, hingga pemasaran.

Hal tersebut menjadi perhatian serius mahasiswa Program Studi (Prodi) Komunikasi Sekolah Vokasi IPB University yang saat ini tengah memberikan pendampingan kepada UMKM De….es Sadulur yang memproduksi Sari Pala Bonty.

Pendampingan dimaksudkan sebagai upaya pemberdayaan UMKM melalui program yang diinisiasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM IPB), IPB Goes to Field (IGTF).

Mahasiswa Komunikasi SV IPB Luaskan Pasar Sari Pala Bonty - Dok. Pribadi
Mahasiswa Komunikasi SV IPB Luaskan Pasar Sari Pala Bonty I Dok. Pribadi

Selasa, 31 Oktober 2021 lalu, sejumlah mahasiswa dari Kelompok IGTF 2 Sukabumi melakukan survei ke UMKM De….es Sadulur di Kampung Kebon Jati, RW 13, Kelurahan Sukakarya, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Survei dilakukan untuk melihat langsung kondisi UMKM, serta melakukan analisis melalui wawancara. Selain itu, untuk mengetahui lebih jauh mengenai sejarah berdirinya De….es Sadulur dan kendala yang dihadapi, sehingga bisa dicarikan solusinya.

“Dari survei, diketahui UMKM De…es Sadulur berdiri sejak 2019 dengan mempekerjakan enam karyawan mengubah buah pala asli menjadi produk sari buah pala yang diberi nama Bonty,” ungkap Ketua IGTF 2 Sukabumi Saepudiqri kepada sukabuniheadline.com, Senin (6/12/2021).

Ia menambahkan, buah pala tersebut diperoleh dari pohon di kebun milik Sri Wahyuningsih yang telah berusia tujuh tahun. “Pohon pala tersebut ditanam sejak 2014 silam, saat Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kota Sukabumi,” ungkap Saepudiqri.

Minuman Sari Pala bonti - Dok. Pribadi
Minuman Sari Pala bonti – Dok. Pribadi

Kendala

Dari survei IGTF 2 Sukabumi, diperoleh informasi mengenai kendala yang dihadapi De….es Sadulur, yakni terkait produksi dan pemasaran yang terkendala di masa pandemi Covid-19.

Alhamdulillah, sejauh ini kita (UMKM) lancar dalam menjalaninya dan sudah mendapatkan izin dari P-IRT. Namun, saat pandemi Covid-19, sempat terhambat proses produksi sari pala selama dua bulan. Itu menjadi hambatan bagi kami dalam memasarkan produk kepada konsumen,” jelas owner Sari Pala Bonty Sri Wahyuningsih.

Dengan demikian, IGTF 2 menyimpulkan bahwa UMKM De…es Sadulur telah mampu bersaing dengan UMKM lainnya dan menjadi satu-satunya UMKM  yang memproduksi sari buah pala di Kota Sukabumi.

Solusi dari IGTF 2 Sukabumi

Kendala pemasaran Sari Pala Bonty, dinilai IGTF 2 Sukabumi, dapat dioptimalkan melalui digital platform. Karenannya, mahasiswa dari IGTF 2 membantu kendala pemasaran yang dihadapi Sri Wahyuningsih melalui media sosial Instagram.

“Kami sudah mengetahui permasalahan yang dihadapi UMKM De….es Sadulur. Kami dari IGTF 2 Sukabumi ingin membantu memasarkan produknya melalui Instagram agar semakin dikenal dan banyak yang tertarik terhadap produk tersebut,” jelas Saepudiqri.

Minuman Sari Pala bonti - Dok. Pribadi
Minuman Sari Pala bonti – Dok. Pribadi

Saepudiqri juga menyebut, keinginan dan kontribusi dari IGTF 2 Sukabumi dalam membantu UMKM De….es Sadulur dengan produknya Sari Pala Bonty, diharapkan prospek bisnis UMKM tersebut semakin berkembang dan maju karena semakin dikenal calon konsumen.

Ditambahkan Saepudiqri, buah pala memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi para pecinta minuman kesehatan atau konsumen yang ingin berbelanja bisa mengunjungi  atau akun media sosial resmi Sari Pala Bonty di: Instagram: saripala_smi dan untuk pemesanan bisa menghubungi No. WhatsApp 0815-17 -83 -24-93 

“Sari Pala ini memiliki banyak khasiat, seperti aman untuk lambung, dapat diminum sebelum atau sesudah makan, menghilangkan bau mulut, dan yang terpenting yaitu menyegarkan,” tandas dia.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer