23.4 C
Sukabumi
Minggu, Juli 14, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Terobosan skuter matik murah tapi memikat Yamaha Jog 125, cek speknya

sukabumiheadline.com - Yamaha, produsen kendaraan roda dua...

Yakin Wanita Sukabumi Tak Minat Beli Yamaha QBIX 125? Intip Spesifikasi dan Harganya

sukabumiheadline.com l Yamaha QBIX 125 telah mengaspal...

Namanya jarang diberitakan, ini 5 Muslim terkaya di dunia 2024

EkonomiNamanya jarang diberitakan, ini 5 Muslim terkaya di dunia 2024

sukabumiheadline.com – Jajaran orang terkaya dunia biasanya didominasi oleh kelompok elite asal Amerika Serikat. Akan tetapi ternyata Muslim dari negara India, Nigeria hingga Timur Tengah juga memiliki harta yang tak main-main.

Dilansir dalam Forbes Real Time Billionaires Rankings, berikut beberapa miliarder Muslim yang masuk dalam deretan orang terkaya dunia:

Baca Juga: 10 negara terkaya di dunia, tidak ada Arab Saudi

5. Abdulsamad Rabiu (Nigeria)

Sosok Abdulsamad Rabiu adalah salah satu muslim terkaya dunia asal Nigeria. Terlahir dari keluarga kaya. Ayahnya adalah Khalifah Isyaku, pengusaha kenamaan di negara bagian utara Nigeria pada tahun 70-an. Usaha ayahnya bergerak di sektor jual beli komoditas.

Abdulsamad Rabiu mendirikan BUA Group yang aktif dalam produksi semen, penyulingan gula dan real estate. Forbes menyebut pengusaha muslim ini masuk dalam kategori terkaya urutan ke-531 di dunia dengan kekayaan sekitar US$ 5,6 miliar atau Rp92 triliun.

Baca Juga:

4. M.A Yusuf Ali (India)

Berasal dari sebuah desa di negara bagian Kerala di India Selatan, Yusuf Ali berangkat ke Abu Dhabi pada tahun 1973 untuk bergabung dengan bisnis distribusi kecil milik pamannya. Dan kemudian di sana ia mulai mengembangkan bisnisnya.

Yusuf memimpin Lulu Group International yang memiliki pendapatan sekitar US$ 8,4 miliar atau Rp138 triliun. Lulu Group International memiliki total 256 hipermarket dan mal. Selain itu, Yusuf juga memiliki aset lain seperti Waldorf Astoria di Skotlandia dan Great Scotland Yard Hotel, bekas markas besar Polisi di Inggris.

Baca Juga: Mengenal Jennifer Gates, Putri Orang Terkaya di Dunia Menikah dengan Pria Muslim

3. Azim Premji (India)

Azim Premji - Istimewa
Azim Premji – Istimewa

Azim Premji dikenal sebagai seorang pengusaha Muslim asal India. Melansir detikFinance, ia dijuluki sebagai ‘Raja Teknologi” India melalui Wipro, salah satu penyedia layanan perangkat lunak terbesar di India. Awal mula Premji terjun ke dunia bisnis karena sang ayah meninggal sehingga ia ditunjuk oleh keluarga untuk mengurus bisnis minyak goreng.

Azim Premji dikenal luas sebagai miliarder muslim yang gemar beramal dari pundi-pundi kekayaannya. Harta kekayaannya, dikutip dari Forbes, tercatat US$ 12 miliar atau setara Rp187 triliun (kurs Rp 15.621).

Baca Juga:

2. Aliko Dangote (Nigeria)

Aliko Dangote adalah seorang muslim Afrika yang dinobatkan sebagai orang kulit hitam terkaya di dunia. Pengusaha Muslim ini lahir pada tahun 1957 di Kano State, Nigeria dan sedari kecil tumbuh di keluarga pengusaha.

Forbes mencatat total kekayaannya US$ 13,7 miliar atau Rp225 triliun. Ia mendirikan Dangote Group. Ia memiliki kilang minyak terbesar.

1. Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud (Arab Saudi)

Al Waleed bin Talal Al Saud
Pangeran Alwaleed bin Talal – Istimewa

Total kekayaan Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud mencapai US$ 18,7 miliar atau Rp307 triliun. Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud diketahui memiliki perusahaan swasta dan publik di Eropa, Amerika dan Timur Tengah melalui Holding Co. 5% diantaranya terdaftar di Bursa Efek Saudi (terdaftar sebagai pemilik 95 % lainnya).

Selain itu, Pangeran Al Waleed bin Talal Al Saud juga memiliki beberapa hotel seperti Seasons Hotels & Resorts, Hotel George V di Paris dan Hotel Savoy di London. Ia juga memiliki real estate di Arab Saudi, sebagian besar perusahaan hiburan berbahasa Arab Rotana dan aset lainnya.

Baca Juga:

Untuk informasi, di posisi keenam adalah nama Hussain Sajwani dari UAE. Ia dikenal sebagai konglomerat pemilik Damac Properties. Pria kelahiran 1953 itu, melansir Forbes India, sejak kecil sering membantu sang ayah berjualan di pasar sepulang sekolah. Kini, ia memiliki kekayaan sebesar US$ 5,1 miliar atau Rp83 triliun.

Lalu di posisi ketujuh, Abdulla bin Ahmad Al Ghurair & Family atau sering disebut crazy rich Dubai, UAE, yang dikenal sebagai keluarga pebisnis. Kekayaan Abdulla diperkirakan sebesar US$ 3,9 miliar atau Rp64,1 triliun.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer