27.4 C
Sukabumi
Kamis, Juni 13, 2024

Yamaha Zuma 125 meluncur, intip harga dan penampakan detail motor matic trail

sukabumiheadline.com - Yamaha resmi memperkenalkan Zuma 125...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Tak perlu bermacet-macetan lagi, ini jadwal Tol Bocimi Seksi 2 kembali dibuka pasca-longsor

NasionalTak perlu bermacet-macetan lagi, ini jadwal Tol Bocimi Seksi 2 kembali dibuka pasca-longsor

sukabumiheadline.com – Masyarakat kembali bisa melintasi Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada mudik Natal 2024 dan tahun baru 2025. Hal ini dipastikan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang menargetkan penanganan permanen pasca longsor Tol Bocimi Seksi 2 Km 64+600 yang terjadi pada 3 April 2024 lalu akan rampung sebelum libur akhir tahun.

Berita Terkait:

“Penanganan diharapkan selesai sebelum libur Natal-tahun baru tahun ini, karena libur Natal-tahun baru tahun sebelumnya trafik jalan tol ini cukup tinggi, jika tidak difungsikan Ruas Tol Ciawi-Sukabumi ini maka akan mengalami kemacetan cukup parah di jalan nasional,” jelas Sekretaris Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Apri Artoto, dikutip dari laman resmi BPJT, Kamis (6/6/2024).

Sebagai penanganan, telah dipasang steel sheet pile di lokasi longsor. Juga terdapat alternatif penanganan permanen longsor dengan soldier pile sepanjang 60 meter dengan waktu pemasangan 4 bulan.

Selain itu, ada alternatif penanganan lain berupa pemasangan jembatan 2×25 meter dengan waktu pelaksanaan 5 bulan.

Baca Juga:

Kondisi Longsor yang makin melebar di KM 64 Tol Bocimi. - Istimewa
Kondisi longsor di KM 64 Tol Bocimi semakin meluas. – Istimewa

Sebagai informasi, bencana longsor terjadi di Tol Bocimi Seksi 2, tepatnya di Km 64+600 A dari arah Jakarta menuju Sukabumi pada hari Rabu (3/4/2024) pukul 20.00 WIB lalu. Baca lengkap: Jalan Tol Bocimi KM 64 longsor, lalu lintas dialihkan ke Jalan Nasional

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kejadian tersebut diduga bukan karena adanya gerakan tanah, melainkan murni karena adanya longsor akibat dari curah hujan yang tinggi.

Berita Terkait: Longsor KM 64 Jalan Tol Bocimi semakin meluas

Akibatnya, satu unit kendaraan terperosok dan tergerus material longsoran hingga hancur. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Baca lengkap: Hancur, mobil terperosok longsor Jalan Tol Bocimi Longsor di Ciambar Sukabumi, Cek foto-fotonya

Evakuasi mobil terperosok longsor di Jalan Tol Bocimi Seksi 2 kilometer 64, Ciambar, Sukabumi. - Istimewa
Evakuasi mobil terperosok longsor di Jalan Tol Bocimi Seksi 2 kilometer 64, Ciambar, Sukabumi. – Istimewa

Adapun ruas tol tersebut juga kembali dibuka secara fungsional untuk mendukung arus mudik Lebaran 2024 yang lalu. Baca lengkap: Dibuka one way setelah longsor, ini syarat kendaraan boleh melintas Jalan Tol Bocimi Seksi 2

“Hari Senin (8/4/2024) lusa, kami monitor dan tes dulu untuk bisa diupayakan jalur B nya dipakai sebagai jalur mudik kendaraan golongan I, sehingga diharapkan sedikit bisa memecah arus mudik menuju Cigombong,” tutur Basuki.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer