21.7 C
Sukabumi
Senin, Mei 20, 2024

Ternyata Ini Penyebab Ledakan Tabung CNG di Cibadak Sukabumi, Kepsek SD Korban Tewas

sukabumiheadline.com l Peristiwa pilu meledaknya tabung gas...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Warga Sukabumi Ingin Ikuti Jejak Ghozali? Begini Cara Kerja NFT Hasilkan Cuan

EkonomiWarga Sukabumi Ingin Ikuti Jejak Ghozali? Begini Cara Kerja NFT Hasilkan Cuan

SUKABUMIHEADLINES.com I Ghozali, pemuda 22 tahun asal Semarang, mendadak viral setelah berhasil meraup cuan sekitar Rp13 miliar berkat jualan foto selfienya.

Setiap hari, sejak 2017, Ghozali mengaku mengambil foto diri menggunakan kamera komputernya dengan tujuan membuat video timelapse foto-foto tersebut. Kemudian, Ghozali iseng menjual ratusan foto selfie tersebut di marketplace NFT, singkatan dari non-fungible token, bernama OpenSea dengan harga 0,001 Ethereum, setara Rp30-40 ribu.

Tak dinyana, foto selfi Gozali kemudian laku keras, dibeli beberapa influencer Indonesia seperti Reza Arap dan Arnold Poernomo. Selanjutnya permintaan pun naik dan menyebabkan harga yang semula puluhan ribu per foto, melonjak tajam menjadi Rp40-50 juta. Alhasil, Ghozali disebut mendulang koin kripto senilai Rp13 miliar.

Apa dan Bagaimana NFT Bekerjaa dan Bagaimana NFT Bekerja

NFT adalah bukti kepemilikan seseorang atas sebuah produk. Di marketplace NFT saat ini, produk yang didagangkan didominasi oleh artwork. Namun, belakangan NFT mulai digunakan untuk menjual karya musik dan foto jurnalistik.

Adapun alur simpel transaksinya di NFT, adalah kreator mengunggah karya ciptaannya ke marketplace NFT, lalu karya itu bisa dibeli oleh orang lain menggunakan aset kripto. Tentu saja kemudian, pembeli tersebut sudah tercatat secara digital sebagai pemilik sah karya seni tersebut.

Dengan demikian, ia bisa menjualnya kembali ke orang lain dengan harga lebih mahal.

Namun, kelebihannya, setiap transaksi yang terjadi atas hasil karya tersebut selanjutnya akan tetap memberikan “royalti” sebesar 2,5 persen kepada si pembuat karya.

Bagaimana warga Sukabumi, tertarik mengikuti jejak Ghozali?

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer