20.4 C
Sukabumi
Senin, Juli 22, 2024

5 kecamatan terluas dan tersempit, persentase terhadap luas Kabupaten Sukabumi

sukabumiheadline.com - Kabupaten Sukabumi merupakan daerah terluas...

Piala Presiden 2024 hari ini, Persib vs Borneo FC, kans debut pemain anyar Maung Bandung

sukabumiheadline.com - Punggawa anyar Maung Bandung berpotensi...

5 Kebiasaan Buruh Pabrik di Sukabumi Saat Gajian

Gaya hidup5 Kebiasaan Buruh Pabrik di Sukabumi Saat Gajian

sukabumiheadline.com l Tanggal gajian menjadi momen paling di tunggu oleh buruh pabrik, tak terkecuali di Sukabumi.

Dengan standar gaji UMK atau UMR, para buruh harus pandai mengatur keuangan supaya cukup sampai akhir bulan. Syukur-syukur bisa menabung.

Di balik momen tersebut pasti ada hal-hal penting yang harus diperhatikan. Perencanaan keuangan penting dilakukan supaya bisa mengelola pengeluaran uang gajian dengan baik.

sukabumiheadline.com mewawancarai beberapa buruh pabrik di Sukabumi dan menanyakan kebiasaan saat gajian.

1. Bayar Angsuran

Membayar angsuran motor setiap bulan menjadi kewajiban yang harus dilakukan setelah mendapatkan gaji. Asshofi Maulida (25) buruh asal Cicurug, Kabupaten Sukabumi yang bekerja di PT Shinwa Bumi menyebut atur keuangan untuk membayar utang dan cicilan motor atau rumah BTN (Bank Tabungan Negara).

“Setiap orang mungkin berbeda-beda dalam menggunakan uang gaji mereka. Kalau saya sih setiap bulan selalu menyisihkan uang gajian buat bayar angsuran motor sama rumah di BTN,” kata Asshofi.

2. Belanja Bulanan

Membuat daftar belanja bulanan untuk kebutuhan sehari-hari memudahkan dalam mengatur pengeluaran. Selain itu, dengan daftar belanjaan kamu bisa belanja sesuai kebutuhan dan tidak membeli barang yang tidak perlu.

Dini Aldiani (23), salah satu buruh asal Nagrak, Kabupaten Sukabumi bekerja di PT Cosmo mengatakan uang gajian biasanya dipakai untuk keperluan rumah tangga sehari-hari.

“Belanja bulanan sesuai kebutuhan saja seperti sabun mandi, sampo, deterjen dan barang lainnya. Barang yang tidak terlalu penting gak usah dibeli mending ditabung aja,” kata Dini.

3. Berbagi Rezeki

Ada pula buruh yang ketika mendapat anggaran keuangan atau gaji, ia menyisihkan uang tersebut untuk berbagi dengan orang lain.

“Setiap bulan saya selalu ngasih sebagian gaji saya buat orang tua dan saudara di rumah,” sambung Dini.

4. Menabung

Alangkah baiknya, saat mendapat uang gaji sebaiknya sisikan minimal lima belas persen untuk ditabung. Dengan menabung keuangan saat di masa depan akan lebih baik. Seperti yang dirasakan Fitria Saefatu (23) wanita asal Cidahu, Kabupaten Sukabumi yang bekerja di PT Akasha Wira International.

“Paling utama menurut saya uang gajian sebaiknya ditabung sebagian buat masa depan juga. Jadi kalau orang tua atau keluarga yang lagi ekonominya sedang menurun saya bisa membantu mereka,” kata Fitria.

5. Kebutuhan Pribadi

Kebutuhan pribadi seperti liburan penting bagi pekerja, selain bisa melepas kepenatan dan stress, liburan juga bisa membangkitkan semangat seseorang untuk bekerja lebih keras.

“Menghilangkan penat setelah satu bulan bekerja, biasanya saya dan keluarga atau teman-teman pergi main ke tempat yang bisa menghilangkan stress saya. kaya pergi ke pantai, mall atau ke tempat lainnya,” kata Anisa (28) buruh asal Karangtengah, Kabupaten Sukabumi yang bekerja di PT Pratama Abadi Industri.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer