30.9 C
Sukabumi
Senin, April 22, 2024

Usaha haram jual 15 ribu butir obat saat Ramadhan, pemuda Tipar Sukabumi Lebaran di tahanan

sukabumiheadline.com - Seorang pemuda diamankan polisi karena...

Mencari Tahu Seputar Wacana Sukabumi Memisahkan Diri dari Jawa Barat

SUKABUMIHEADLINE.com l Jawa Barat merupakan salah satu...

Daftar kamera mirrorless tapi harga di bawah Rp5 juta, minat?

sukabumiheadline.com - Ingin merasakan sensasi saat melakukan...

Intip Interior Mada’in Saleh di Al Ula, Dihindari Rasulullah SAW Kini Disukai Wisatawan

InternasionalIntip Interior Mada'in Saleh di Al Ula, Dihindari Rasulullah SAW Kini Disukai Wisatawan

sukabumiheadline.com l Al Ula, Arab Saudi, merupakan salah satu kawasan arkeologi paling penting di dunia. Tempat ini menyimpan banyak bukti peradaban dan kisah terdahulu masyarakat Arab, dianggap terkutuk dan berhantu, hingga pernah dihindari Rasulullah.

Namun, kini menjadi kawasan wisata karena keindahan dan sejarahnya.

Banyak jejak spektakuler yang diukir oleh generasi terdahulu, mulai dari sejarah sistem politik, ekonomi, serta kekayaan flora dan fauna yang melimpah, sebagai lembah paling subur di tanah Jazirah Arab selama lebih dari 7000 tahun.

Mada'in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab.
Mada’in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab. l Istimewa

Melansir dari situs Afalula, pendudukan pertama yang dikonfirmasi di wilayah tersebut dimulai pada periode Neolitikum, ketika masyarakatnya tinggal di lembah dan membangun makam.

Di dekatnya, terdapat pemakaman Mada’in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab. Kompleks unik ini merupakan salah satu harta karun kawasan Al Ula yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2008.

Mada'in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab.
Mada’in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab. l Istimewa

Menurut Pengamat Timur Tengah dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Fahmi Salsabila, Al Ula dan Mada’in Saleh disebut ‘berhantu.’ Bahkan, ia menuturkan Nabi Muhammad enggan berkunjung ke tempat tersebut.

Cerita tentang tempat berhantu ini dikatakan berkaitan dengan kisah kaum Tsamud yang terkena azab karena menentang larangan Allah SWT dan Rasul-Nya menyembelih unta betina mukjizat Nabi Saleh AS, seperti disebutkan Ulama sekaligus sejarawan Ibnu Katsir dalam Qashash Al Anbiyaa.

Mada'in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab.
Mada’in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab. l Istimewa

Dalam buku Situs-Situs dalam Al-Qur’an, dari Banjir Nabi Nuh hingga Bukit Thursina karya Syahruddin El-Fikri, kaum Tsamud adalah kaum yang pandai dalam hal pertukangan seperti memahat dan mengukir.

Mengutip Reuters, Al Ula kemudian dibuka untuk umum pada 2019. Proyek pembangunan kawasan wisata ini, didukung oleh investasi miliaran dolar dan kemitraan budaya Perancis.

Harapannya, kawasan ini bisa menarik jutaan pengunjung, baik lokal maupun internasional. Wisata ini merupakan salah satu upaya Arab Saudi untuk membuka diri terhadap dunia dan mendiversifikasi perekonomian dari minyak.

Mada'in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab.
Mada’in Saleh, yang dibuat oleh Nabatean, kaum pra-Islam Arab. l Istimewa

Al Ula punya berbagai spot menarik untuk dikunjungi. Mulai dari Kota Tua Al Ula, Oasis Al Ula, Jabar ikmah, Batu Gajah, Dadan, dan Herga, dengan situs-situsnya yang bersejarah.

Selain menyaksikan sejarah salah satu peradaban di Timur Tengah, pengunjung juga disuguhi warisan budaya tak benda seperti tari, musik, dan dongeng, yang juga dilestarikan melalui pertunjukan bagi pengunjung.

Al Ula menerima penghargaan Proyek Pariwisata Budaya Terkemuka Timur Tengah 2023 di Middle East World Travel Awards pada Oktober dan dinobatkan sebagai desa wisata terbaik 2022 oleh The United Nation World Tourism Organization (UNWTO).

Menukil Arab News, pada 2021-2022, kawasan wisata Al Ula berhasil menarik sekitar 250 ribu wisatawan dalam waktu 12 bulan. Namun, pengembang kota berencana bisa menarik satu juta pengunjung pada 2025.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer