22.4 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Kok Bisa Ada 5 Wilayah Bernama Sukabumi di Lampung? Ini Profilnya

KontenKok Bisa Ada 5 Wilayah Bernama Sukabumi di Lampung? Ini Profilnya

sukabumiheadline.com l Bagi warga Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, nama daerah tentunya menjadi kebanggaan tersendiri yang harus dirawat bak benda kesayangan. Karena jika bukan warganya sendiri, tentu tidak akan ada yang peduli terhadap daerah tempat lahirnya.

Namun, meskipun kota ini memiliki sejarah panjang, sejak era Hindia Belanda, nyatanya nama Sukabumi tidak hanya ada di Tatar Pasundan.

Sebagian dari warga Sukabumi di Jawa Barat tentu pernah bertanya-tanya, mengapa ada nama Sukabumi lain di provinsi berbeda. Bahkan tidak tanggung-tanggung, Sukabumi yang satu ini berada di Pulau Sumatera.

Ya, tepatnya di Provinsi Lampung ada sebuah desa bernama Sukabumi. Desa ini berada di Kecamatan Buay Bahuga, Kabupaten Way Kanan.

Kabupaten Way Kanan sendiri merupakan salah satu daerah yang berada di bagian utara Provinsi Lampung, atau berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan.

Peta Kabupaten Way Kanan. l Istimewa
Peta Kabupaten Way Kanan. l Istimewa

Untuk informasi, ada perbedaan penggunaan nomenklatur Desa antar di Kabupaten Sukabumi dengan di Way Kanan. Jika di Sukabumi, kampung umumnya digunakan untuk wilayah yang lebih kecil dari desa, namun tidak demikian di Way Kanan.

Di Kabupaten Way Kanan yang terdiri dari 15 kecamatan, 6 kelurahan, dan 221 desa ini, istilah kampung setara dengan desa.

Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung. l Istimewa

Selain itu, di Kabupaten Way Kanan juga terdapat dua desa bernama Sukabumi, yakni di Kecamatan Buay Bahuga dan Pakuwan Ratu.

Tak hanya di Way Kanan, di Kota Bandar Lampung, yang merupakan Ibu Kota Provinsi Lampung, juga terdapat sebuah kecamatan bernama Sukabumi, dan dua kelurahan dengan nama yang hampir sama, yakni Sukabumi dan Sukabumi Indah.

Ibu-ibu PKK Kampung Sukabumi tengah melaksanakan kerja bakti. l Istimewa
Ibu-ibu PKK Kampung Sukabumi, Way Kanan, tengah melaksanakan kerja bakti. l Istimewa

Desa atau Kampung Sukabumi di Way Kanan ini tergolong desa yang berkembang maju. Berdasarkan penelusuran sukabumiheadline.com, kampung ini kerap menjadi tujuan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Sementara, Kelurahan Sukabumi dan Sukabumi Indah di Kota Bandar Lampung tergolong maju. Hal itu karena keduanya berada di Ibu Kota Provinsi Lampung.

Selain sejumlah perguruan tinggi di Lampung, kampung ini juga pernah menjadi tujuan pelaksanaan KKN dari. Salah satu universitas negeri di Pulau Jawa.

Selain itu, kampung ini tergolong rawan kriminalitas. Hal itu dilihat dari sejumlah pemberitaan media terkait penangkapan tersangka pengedar narkoba yang berasal dari kampung ini.

Dari penelusuran redaksi, tidak ditemukan asal-usul dan alasan penamaan Sukabumi di provinsi paling timur di Pulau Sumatera tersebut.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer