22.2 C
Sukabumi
Minggu, Mei 26, 2024

Smartphone dengan Peforma Mewah, Spesifikasi Xiaomi 13T Dilengkapi Kamera Leica

sukabumiheadline.com - Xiaomi selalu menjadi incaran bagi...

Biodata Lee Da Hyeon, Bidadari Voli Korea Selatan Idola Baru Netizen Viral Joget TikTok

sukabumiheadline.com l Setelah sebelumnya ada Zehra Gunez...

Yamaha Gear Facelift Siap Meluncur, Desain Bongsor ala Skutik Maxi

sukabumiheadline.com l Yamaha kembali berencana meluncurkan skutik...

Seni Arsir Masjid Agung Kota Sukabumi dan Daarul Matiin Karya Seniman Cikembar

KhazanahSeni Arsir Masjid Agung Kota Sukabumi dan Daarul Matiin Karya Seniman Cikembar

sukabumiheadline.com – Terdapat banyak bangunan masjid megah di Sukabumi, Jawa Barat, menarik untuk diabadikan dalam berbagai teknik dan bentuk. Dari mulai foto, lukisan hingga miniatur.

Demikian Ana Mulyana, seorang pria berusia 31 tahun. Warga Desa Sukamantri, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. Ia memiliki cara sendiri mengabadikan bangunan tempat umat Muslim beribadah tersebut.

Ana memilih menggambar Masjid Agung Kota Sukabumi dan Masjid Cibadak Daarul Matiin dengan teknik menggambar arsir yang lebih menekankan pada kekuatan garis (stoke).

Teknik arsir umumnya dilakukan dengan cara menggoreskan alat tulis secara berulang-ulang hingga membentuk sebuah gambar yang luar biasa. Namun, saat ini teknik ini juga bisa dilakukan dengan bantuan gadget.

Menurut Ana, teknik arsir adalah sebuah teknik dalam menggambar yang memakai alat tulis dengan cara digoreskan, sehingga membentuk sebuah garis-garis yang nantinya akan menjadi sebuah bakal dari gambar yang akan dibuat.

Arsir Masjid Agung Kota Sukabumi karya Ana Mulyana. l Dok. Pribadi

“Dengan melakukan goresan yang berulang-ulang, maka teknik arsir dapat membuat kesan gradasi gelap terang pada sebuah gambar,” katanya kepada sukabumiheadline.com, Jumat (7/10/2022).

BERITA TERKAIT:

Mengintip Arsitektur Timur Tengah dan Sunda di Masjid Agung Kota Sukabumi

Pesan Mulia di Balik Megahnya Masjid Cibadak Daarul Matiin Sukabumi

Ia menambahkan, teknik arsir dibuat untuk melukis dengan menggunakan pensil, dikarenakan menggambar dengan teknik arsir mempunyai kelebihan tersendiri sesuai dengan kebutuhan pelukis.

Arsir Masjid Agung Kota Sukabumi karya Ana Mulyana. l Dok. Pribadi

“Teknik ini juga sering digunakan untuk menggambar sebuah figur seperti menusia, tumbuhan, hewan, dengan mengikuti bentuk kontur bidang yang akan diarsir,” jelasnya.

Ana mengaku awalnya menggeluti seni melukis hanya sebatas hobi. Terlebih bakat melukisnya tersebut diperoleh dan dilatih secara otodidak. Baca lengkap: 5 Wajah Wanita Sukabumi Karya Seniman Lukis Ana Mulyana

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer