23 C
Sukabumi
Kamis, April 25, 2024

Suzuki SUI 125 Meluncur, Spesifikasi Vespa Banget Harga Terjangkau

sukabumiheadline.com l Skutik modern Suzuki Vespa SUI...

Thrust Defender 125, Motor Matic Maxi Bikin Yamaha XMAX Ketar-ketir, Cek Harganya

sukabumiheadline.com l Thrust Defender 125, diprediksi bakal...

Desain Ala Skuter Retro, Intip Spesifikasi dan Harga Suzuki Saluto 125

sukabumiheadline.com l Di belahan dunia lain, Suzuki...

Mudah ditemukan, ini 5 menu sahur sehat ala Rasulullah SAW

Gaya hidupMudah ditemukan, ini 5 menu sahur sehat ala Rasulullah SAW

[:id]sukabumiheadline.com – Makan sahur saat hendak berpuasa hukumnya sunah dalam Islam. Namun demikian, Nabi Muhammad SAW tetap mencontohkan pentingnya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi bagi tubuh saya saat sahur.

Dilansir dari Human Appeal, berikut adalah ulasan 5 makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang tidak hanya baik untuk sahur, tapi juga berbuka puasa.

Dari banyaknya makanan yang ada, beberapa di antaranya merupakan favorit Nabi Muhammad SAW dan sangat Beliau anjurkan untuk kita konsumsi termasuk di bulan Ramadan.

1. Buah zaitun

Buah zaitun adalah salah satu makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang cocok untuk sahur dan berbuka puasa.

Dalam Hadis Riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda: “Makanlah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi”.

Kelemahan dan kelelahan adalah kondisi umum yang mungkin dialami oleh seseorang yang berpuasa. Untuk alasan ini, mengonsumsi buah zaitun saat berbuka puasa bisa sangat bermanfaat.

Makan buah zaitun secara langsung memiliki efek positif dalam menjaga kesehatan darah. Pasalnya, buah zaitun mampu meningkatkan kadar zat besi dan menjaga tingkat energi tetap konsisten.

Buah zaitun juga memungkinkan sistem kekebalan berfungsi lebih baik serta menawarkan efek positif bagi perkembangan kognitif.

2. Kurma

Buah ini cukup populer di kalangan umat Muslim Sukabumi, Jawa Barat. Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang cocok untuk sahur dan berbuka puasa yang kedua adalah kurma.

Ada sebatang pohon di antara pohon-pohon yang serupa dengan seorang Muslim (dalam kebaikan). Daunnya tidak rontok. Pohon apakah itu? Rasulullah SAW sendiri berkata, “Itu adalah pohon kurma”.

Kurma kaya akan vitamin dan protein serta mampu menurunkan kolesterol. Mengonsumsi kurma saat berbuka puasa dan sahur dapat membantu melengkapi tubuh dengan nutrisi tersebut.

Selain itu, kurma juga kaya akan zat besi yang membantu mencegah kelelahan atau pusing di siang hari.

Secara keseluruhan, makan kurma sangat membantu pencernaan. Setelah seharian berpuasa, mengonsumsi kurma akan membantu pencernaan menyerap makanan dengan lebih mudah.

Berita Terkait:

Ramadhan Segera Tiba, Warga Sukabumi Wajib Hati-hati 5 Merek Kurma Ini asal Israel

Satu Pernah Menjajah Indonesia, Ini 5 Negara Konsumen Kurma Israel Terbesar di Dunia

3. Labu

Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang cocok untuk sahur dan berbuka puasa yang ketiga adalah labu. Dalam Hadis yang diriwayatkan Tirmidzi, Nabi Muhammad SAW sangat menyukai labu.

Dikemas dengan banyak manfaat kesehatan, labu dapat membantu menjaga puasa kita dengan mudah.

Mengonsumsi labu mampu membantu menjaga kesehatan jantung serta mencegah kanker berkat kandungan antioksidan dan sifat pelindung kanker yang ada di dalamnya.

Labu juga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, membantu merasa rileks, dan melepas lelah setelah berpuasa.

4. Buah Tin

Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang cocok untuk sahur dan berbuka puasa yang keempat adalah buah tin. Abu Darda meriwayatkan sabda Nabi Muhammad SAW bahwa:

Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji”.

Buah tin merupakan sumber vitamin, mineral, antioksidan, dan serat yang bagus untuk membantu mencegah sembelit dan memperbaiki sistem pencernaan.

Buah tin juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung serta mencegah penyakit jantung dalam jangka panjang karena mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6. Tentu, manfaat ini akan sangat membantu khususnya untuk perut selama Ramadan.

5. Madu

Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW yang cocok untuk sahur dan berbuka puasa yang kelima adalah madu.

Madu adalah penyembuh bagi semua jenis sakit dan Al-Qur’an adalah penyembuh bagi semua kekusutan pikiran (sakit pikiran). Maka aku sarankan bagimu kedua penyembuh tersebut, Al-Qur’an dan madu.” (HR. Bukhari)

Madu memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bermanfaat untuk membantu mengobati luka atau kondisi kulit yang buruk.

Madu dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengatur kadar gula darah. Maag dan gangguan pencernaan lainnya serta risiko kanker dan penyakit jantung tertentu pun bisa dikurangi dengan penggunaan madu.

Dengan mengonsumsi madu secara rutin saat berbuka puasa dan sahur, itu dapat memberikan manfaat yang sangat besar untuk menjaga puasa kita.

Konten Lainnya

Content TAGS

Konten Populer